Doa kepada Hati Kudus Yesus
oleh: St. Yohanes Eudes


“Bapa yang Maharahim, Allah segala penghiburan, Engkau memberikan kepada kami Hati Putra-Mu Sendiri yang penuh belas kasihan, oleh sebab kasih-Mu yang tak terbatas yang Kau limpahkan kepada kami, kasih yang tak satu lidah pun mampu mengungkapkannya dengan kata. Kiranya kami mempersembahkan kepada-Mu kasih yang sempurna dengan hati yang bersatu dengan hati-Nya. Kami mohon agar hati kami dihantar ke persatuan sempurna: tiap hati dengan yang lainnya dan semua hati dengan Hati Yesus Yang Mahakudus… dan semoga kerinduan hati kami beroleh kepuasannya dalam Dia: Tuhan kami Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan bertahta bersama Engkau dalam persekutuan dengan Roh Kudus, Allah Tritunggal, sekarang dan sepanjang segala masa. Amin.”



Hati Yesus Yang Mahakudus
oleh: St. Yohanes Eudes
Oh, betapa nikmat dan mempesona hati tinggal dalam Hati Yesus! Hati-Mu, O Yesus yang baik, adalah harta pusaka berharga, mutiara berharga yang kami temukan dengan menggali ladang Tubuh-Mu. Siapakah yang hendak mencampakkan mutiara ini? Tidak ada! Sebaliknya, aku hendak menyerahkan segala milikku, aku hendak menukarnya dengan segala pikiranku dan kerinduan hatiku guna mendapatkannya. Aku hendak mempercayakan seluruh penyelenggaraanku pada Hati Yesus Kristus dan pastilah Ia akan menyediakan segalanya bagiku. Aku hendak bersembah sujud di altar ini, yang Kudus dari antara yang Kudus, Tabut Perjanjian, dan aku hendak mengagungkan nama Tuhan, bersama dengan Daud berkata, “Aku telah menemukan hatiku sehingga aku boleh berdoa kepada Allahku. Dan aku telah menemukan hati Raja-ku, Saudara-ku, Sahabat-ku, Yesus yang penuh belas kasih, dan mengapakah aku tidak memuja-Nya?” Dengan yakin teguh aku hendak berdoa. Oleh sebab Hati-Nya adalah milikku. Aku hendak mengatakannya dengan lantang, karena Kristus adalah Kepala-ku, tidakkah yang menjadi milik Kepala-ku adalah milikku juga? Sebab itulah, seperti mata dari kepala jasmaniku adalah sungguh mataku, demikian juga hati rohaniku adalah hatiku juga. Sebab itu, benarlah kataku: sungguh aku tidak punya selain dari satu Hati bersama Yesus dan yang menakjubkan adalah hanya ada satu hati dengan begitu banyak pengikut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top